Artikel

Tips Memiliki Motor Bekas

Motor bekas saat ini menjadi alternatif utama bagi masyarakat yang butuh kendaraan. Harganya yang relatif lebih terjangkau dengan model yang belum terlalu ketinggalan jaman juga menjadi faktor pemikat. Nah untuk mendapatkan motor bekas ini bisa dilakukan dengan cara Cash atau kredit, namun baik Cash atau kredit untuk memiliki motor bekas tersebut beberapa hal yang harus di pertimbangkan di awal diantaranya bagaimana harganya dan bagaimana kondisinya, Apakah harga sesuai dengan kondisi atau sebaliknya.

Berikut beberapa tips sederhana untuk memiliki motor bekas diantaranya :

1. Pastikan Kesesuaian Harga dengan Unit motor

Hasil gambar untuk antaramotor kalisariCoba anda cari perbandingan harga dari beberapa dealer/showroom untuk mencari harga patokan anda mencari motor impian, pasti anda akan menemukan perbedaan harga dengan range harga yang tidak terlalu jauh, biasanya ini berbanding lurus dengan kondisi motor. jika anda sudah mendapatkan bayangan harga dengan kondisi motor anda bisa lanjut cek ke showroom tujuan anda.

 

2. Kondisi Kendaraan

Kondisi kendaraan biasanya berpengaruh terhadap harga jual motor disamping merk kendaraan dan jenis kendaraan, jika anda kurang paham terhadap motor, anda bisa ajak teman yang mengerti motor untuk ikut membantu pengecekan kondisi motor. pengecekan bisa dilakukan dengan menyalakan mesin kendaraan dan tes modul modul kelistrikan pada kendaraan tersebut, langkah selanjutnya yang paling mudah adalah cek body kendaraan. Anda bisa liat langsung dan pastinya anda akan bisa langsung menyimpulkan bagus atau tidaknya body kendaraan tersebut.

3. Kelengkapan Surat Kendaraan

Kelengkapan Surat kendaraan menjadi sesuatu yg paling penting terhadap identitas suatu kendaraan, pastikan anda mengecek betul surat surat tersebut , tanyakan langsung kepada penjual bagaimana legalitas surat surat kendaraan tersebut dalam hal ini BPKB dan STNK. pastikan anda melihat STNK atau BPKB untuk melihat dan menyamakan No Mesin dan No Rangka Kendaraan yang tertera di Surat kendaraan dengan yang ada di body kendaraan motor bekas tersebut, jika semuanya oke berarti langkah ketiga aman.

4. Layanan Purna Jual

Layanan purna jual biasanya hanya pada peminjaman kartu identitas untuk memperpaanjang motor yg mau kita beli (biasanya penjual perorangan), jika anda membeli dari showroom motor bekas pastikan showroom tersebut memiliki layanan purna jual seperti Garansi mesin, service gratis. mengapa ini penting ? , Showroom yang memiliki layanan purna jual adalah showroom yang bisa di percaya, karena mereka menjual kendaraan dengan tanggung jawab jika ada masalah di kemudian hari. anda juga bisa menanyakan apakah punya bengkel resmi untuk showroommereka (jika ada) ini merupakan nilai plus untuk showroom tersebut.

5. Bonus (tambahan)

Bonus adalah tambahan yang bisa anda dapatkan jika anda membeli motor bekas baik dari perorangan maupun showroom motor bekas, biasanya bonus yang anda dapatkan dari penjual perorangan berupa cashback/potongan harga/uang bensin, namun untuk showroom showroom motor bekas bonus yang biasa diberikan adalah Helm atau jaket/kaos, syukur syukur anda bisa mendapatkan dua duanya.

 

Demikian tips sederhana yang bisa saya bagikan, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan ketika anda ingin memiliki motor bekas.

Advertisements